Sunday, October 16, 2016

mengenang phoebe snetsinger tokoh google doodle hari ini



Birdwatching adalah kegiatan observasi burung di alam. Seorang bird watcher dapat melihat burung dengan mata telanjang, alat bantu seperti teropong atau dengan mendengarkan suara burung. Tokoh Google Doodle hari ini adalah seorang bird watcher bernama Phoebe Snetsinger.

Lahir pada tahun 1931, dia merupakan salah satu bird watcher yang paling berdedikasi. Hingga meninggal di tahun 1999, dia telah melihat 8.398 spesies dari 10.000 spesies yang diketahui manusia.
Ketika itu, tidak ada orang lain yang telah melihat spesies burung sebanyak Snetsinger. Hari ini, Kamis (9/6/2016) merupakan hari ulang tahunnya yang ke-85. Google merayakannya dengan membuat Doodle khusus untuk Snetsinger.

Menurut CNET, ketertarikan Snetsinger akan burung muncul di tahun 1965, ketika dia melihat Blackburnian Warbler. Namun, dia baru serius untuk mengobservasi burung di tahun 1981, ketika dia berumur 50 tahun dan didiagnosa mengidap kanker kulit melanoma. Diperkirakan, dia hanya punya waktu satu tahun untuk hidup. Setelah itu, dia memutuskan untuk pergi ke Alaska untuk melakukan observasi burung karena dia tidak mau hanya berdiam diri di rumah.



Ketika dia kembali dari Alaska, kankernya justru berada dalam masa remisi. Menggunakan uang yang dia dapatkan dari sang ayah, ahli marketing Leo Burnett, Snetsinger lalu mendedikasikan hidupnya untuk mengelilingi dunia untuk mengobservasi burung dan membuat catatan untuk mengklasifikasi subspesies ke dalam spesies. Saat dia mengunjungi Kenya, dia melihat lebih dari 500 burung hanya dalam waktu 3 minggu.

Sebagai seorang bird watcher, hidup Snetsinger bukannya tanpa masalah. Dia pernah terluka beberapa kali. Salah satu kecelakaan yang membuat tangannya patah membuat tangannya lumpuh selamanya.

Dalam perjalanannya ke Papua Nugini, pemandunya dipukuli dan Snetsinger sendiri diperkosa oleh 5 orang. Di perjalanan terakhirnya ke Madagascar, van yang dia gunakan mengalami kecelakaan dan membunuhnya. Dia berumur 68 tahun ketika itu.

Perusahaan pencarian raksasa ini menampilkan 5 burung yang spesial untuk Snetsinger, yaitu blackburnian warbler, red-shouldered vanga (burung terakhir yang dia dokumentasikan), village weaverbird, eastern bluebird dan red-capped manakin. Petualangannya didokumentasikan dalam riwayat hidup berjudul "Birding on Borrowed Time".

0 komentar

Post a Comment