Tuesday, May 3, 2016

fakta unik dan aneh mengenai alat dan benda yang mulai langka




           fakta unik dan aneh alat dan

          benda yang mulai di tinggalkan

assallamuallaikum wr.bb

hallo sahabat setia just melodies ,tak bosan bosan saya mem-posting artikel artikel
yang saya rasa cukup menarik untuk di ketahui ,entah berguna atau tidak di keseharian anda,
tapi yang pasti anda harus membaca keseluruhan postingan ini entah dibaca  atau hanya di gulir gulir saja wkwkwkw



Di zaman modern ini banyak sekali hal hal yang di lupakan atau mungkin di tinggalkan termasuk benda atau alat yang menurut sebagian orang sudah ketinggalan mode atau zaman , oleh karena itu mr ,kimba akan mengulas dan mengupas habis benda atau alat yang mulai langka dan jarang digunakan di dunia ini seiring perkembangan zaman  , tentunya di sajikan secara impresif dan cool .
Penasaran dengan  ulasan yang akan mr, kimba dendangkan saksikan dibawah ini brow, cekibrooth.


1.       Radio

Siapa yang tidak kenal dengan alat ini , yep sebuah media penghasil gelombang suara  yang popular di zaman zaman terdahulu. Alat ini kerap di gunakan sebagai alat promosi atau bahkan  tempat
Meng-intrepretsasiksasikasakan  ya itulah , sebuah  media berita  atau mungkin seorang musisi .
Tetapi seiring perkembangan zaman detik demi detik,menit demi menit,tahun demi tahun, sumpah demi anang, alat ini mulai di tinggalkan, yep tau sendiri lah gadget mulai mengambil allih semua komando para jendral di dunia .
tapi jangan underestimate dulu dengan alat satu ini ternyata banyak komunitas komunitas radio jadul di seluruh dunia  dan tentunya tak sedikit juga orang yang berkecimpung di bidang per-radioan, pengalaman pertama saya mendengar radio adalah ketika saya masih kecil , sekitar umur 3 atau 4 tahun-an , ketika itu sedang popular popular nya cerita kera sakti atau
Sering di panggil sun gokong  nah di situlah kakak saya sering menakuti saya dengan gimik gimik yang aneh se-akan akan ketika saya mendengar nya serasa ada dalam genjutsu atau alam yang begitu  mengerikan .
Satu kejadian  saking  takutnya saya sampe lari ter-birit birit dan  ngompol di celana -__-.
Menjelang remaja tau lah seperti apa cerita sungokong itu, pan kampret sampe ketakutan  begitu -_-..

2.       Kompor minyak

Alat ini memang sudah jarang di gunakan karena bahan utama yang begitu melanglang buana,
Selain harrga minyak tanah yang mahal ternyata orang-orang sekarang lebih memillih kompor yang berbahan baku gas ketimbang minyak,banyak  dikatakan bahwa gas lebih efisien dan praktis.
Terakhir kali di rumah saya memakai kompor minyak ini  kira kira  di tahun berapa gituu lupa lagi ,
Seiring perkembangan zaman dan trend  yang berlebihan ,kompor gas lah yang memenangkan sengketa public  terkait siapa kompor terbaik di dunia ini.
Tapi ada sisi negative dan positif dari penggunaan kedua kompor ini, mungkin dari segi efektif okeh saya setuja kalo kompor gas lebih hemat waktu dan cepat dalam memasak atau penggunaanya,
Tetapi dalam segi kualitas atau hasil dari memasak banyak orang meyakini kalau  menggunakan kompor minyak lebih terasa wangi,bau  khas makanan yang di buat di kompor minyak lebih keluar ketimbang menggunakan kompor gas.
Dalam segi eksplosivitas atau mbledug saya rasa kompor gas menang banjak, apa anda pernah mengalami kejadian kompor bledug pada kompor minyak atau mungkin kompor gas, saya sendiri pernah mengalami mbledug nya kompor minyak dan itu pun gak parah suaranya pun cuman kecil kayak dutt atau tutth gitu kek film dono lah muka doang yang gosong ama rambut jadi gimbal.
Dan belom pernah mengalami kejadian kompor gas mbledug ,amit amit dah jauhkanlah kejadian itu, kalau anda kepengin nyobain gimana rasanya kena mbledug kompor gas , yep cobain aja dah.
Dari segi eksplosive kompor gas ini  sering muncul di headline berita , kalo enggak rumahnya yang ancur  ya muka sang pemilik tabung kena kentut gas nya  ih kebayang dong suara kentut gas elpiji duarrrrr boom takkkkk crennggg byurrr,so hati hati kalo masangin atau ganti kompor  berbahan baku gas oke bro.
Dari pada bingung bingung mikirin kompor minyaks atau gas  ,sebentar lagi saya akan membuat
Sebuah inovasi dan kreasi pembuatan kompor dengan bahan baku nuklir , atau mungkin berbahan baku kebencian dari para haters di dunia , doain yak bro amin.

3.       Mesin tik / atau mesin ketik manual

Di gunakan untuk  mengetik sebuah karya  dan buah pemikiran  orang orang di tahun tahun jebot dulu ,Mesin ketik ini sebuah alat yang berbahan baku tinta berbentuk kain yang di aplikasikan  ke lempengan plat besi yang sudah di ukir  menyerupai huruf dan angka  ,cara penggunaan mesin ini seperti kegunaan keyboard pada pc atau computer cuman bedanya mesin ketik ini tak perlu di print atau di cetak , ya wong manual kok -__-. Tapi seiring langka nya alat mesin tik manual ini ternyata masih ada sahaja yang mennjual spare part nya . biasanya sih di dapetin di tukang loak atau pengkoleksi barang barang langka , but masih ada  juuga yang menggunakan nya , biasanya orang orang jadul juga yang gunain nya wkwkw.
Tapi mr.kimba rasa banyak manfaat dibalik menggunakan mesin ketik manual ini, salah dua contohnya adalah  kekuatan jari kita benar benar di latih kalo yangudah ngerasain mesin manual ini tau syendili lah gimana rasanya masuk sela sela tombol mesin atau mungkin keseleo saat coba mengetiknya :D, yang kedua mr,kimba rasa ketelitian kita dilatih kenapa coba ? yep mesin ketik manual tidak pernah punya tombol yang  namanya backspace atau delete atau hapus atau  musnahkan :v . ya kalo salah balikan lagi dong waas :D paling mentok pakek tipex itupun kalo di ijinin ama boss lu wkwkw.
Se-iring perkembangan zaman mr,kimba kira bukan mesin ketik manual ataupun mesin ketik digital yang mendunia di masa mendatang ,, tapi mr, kimba yakin ada penemuan mesin ketik pikiran , kebayang dong lu gak perlu bawa mesin tik manual atau keyboard , tinggal mikir dan di print out lewat pantat kalian keren gak bro :v.rad


4.       Alat musik tradisional/alat musik tradisi

Calung, kecapi, celempung, suling ,kainding , kendang adalah sebagian alat music tradisional dari Indonesia dan mr,kimba yakin ada  puluhan atau mungkin ratusan alat music tradisi yang ada di Indonesia.Di zaman digital ini dan banyak sekali pengaruh budaya luar yang masuk ke Indonesia , termasuk di bidang kesenian khususnya music  dan tentunya berdampak buruk juga bagi alat atau media yang sudah kita kenal di daerah masing masing .
 tak sedikit pula banyak dari adik adik yang membaca artikel ini  tidak tau sama sekali alat kesenian di daerah masing masing, entah itu karna kampungan atau karna bunyi yang asing di telinga kalian atau alas an apapun itu yang membuat kalian tidak tertarik mengikuti info atau fakta tentang alat musik tradisional ,saya rasa barat berhasil mengambil alih komando para sesepuh di daerah kalian -__-. Tetapi yang harus jadi catatan bahwa alat music tradisional tidak pernah berubah atau bila ada sebuah perubahan itu pun pasti hanya bentuk dukungan atau kreasi dari kalian saja , beda dengan musik barat yang berubah mode atau trend setiap waktu.
Semakin langka  semakin unik tentunya semakin mahal dan yang untung adalah kalian yang terjun di bidang seni tradisi :D, tak ada  humor untuk poin ini wkwkw…


5.       Roda kue putu
Nginggg ngingggggg ngingggggg  senggggg sengggg senggg suara khas dari emang emang kang putu ,Satu kata untuk mereka yang jadi tukang putu RINDUUUUU wkwkw, hoi mungkin bagi sebagian orang bising kalo dengerin bunyi roda putu ini , tapi bagi mr ,kimba mereka itu adalah seni yang wajib di lestarikan  coiii .
Bayangin  dari satu RT  ada 100 tukang putu dengan rate kerja minimal 22 jam sehari , walhasil di kampoeng atau di komplek kalian kagak bakal ada yang namanya begal kagak bakal ada yang namanya maling  tingkat kejahatan berkurang brothhh ,, seriuss,,
Selain itu kagak ada yang namanya bau selokan atau bau yang gak enak tau syendili wangi kue putu itu gimana, menurut penelitian mr, kimba satu roda kue putu  mampu mengeluarkan sampai 20 meter wewangian dari titik pertama roda kue putu berada ,,ajibb.
                Kalo 100 roda kue putu ada di kampoeng kalian insya ALLAH kalian bakalan rajin solat tahajud pastiiii, mata kalian terbelalak , hidung kalian meler meler, kuping lu bergoyang ria tiap hari, tentunya perut lu keroncongan tiap waktu brooo, siapain piring ama doku yang banjak……


6.       Pohon angker
Jangan salahkan anak jika sebagian dari mereka kerap pulang dan seliberan di malam hari,
Salahkan-lah pada banyaknya pepohonan angker yang berkurang atau mungkin makin langka.
Begitu-pun untuk pohon angker yang tersisa di jagat raya ini jangan pernah salahkan orang-orang yang tidak bersalah , melainkan salahkan –lah orang-orang yang membabad habis kaum anda.
                Di jaman modern ini orang-orang makin berbondong-bondong mencari asset dan kekayaan
Yang tiada batas atau unlimited, entah itu secara jujur maupun tidak ter-atur  istilahnya main sikat aja.
Saya tahu pasti banyak dari anda yang membaca artikel ini setuju iya kan yay a ya,
“jangan keluar malam ,di luar banyak pohon angker  entar di culik kunti” itu-lah petikan orang tua dulu saat melarang anak anak nya bermain sampe larut malam.
                Coba kalo pohon angker kagak ada , orang tua mau bilang apa, masa begini ;
Jangan keluar malem diluar banyak diskotik ntar di culik miyabi” . ce ile bukan-nya takut malah kegirangan ntu anak lu -__- .
Jadi intinya lestarikan-lah poho pohon angker di dunia ini , agar di masa mendatang anak-anak kita tidak sembrono keluar malam sana sini situ siti simbad singkong , ya begitulah :D .
               
Oke  broth, itulah ke –lima benda yang sudah mulai langka di Indonesia atau mungkin di dunia .
Perlu di ingat modernisasi akan berubah sewaktu waktu tapi sebuah tradisi tak mungkin pernah berubah
Langka boleh asal jangan punah, karena semakin langka semakin unik semakin mahal dan semakin banyak di cari ,yang untung tentunya yang cerdik :D.
                Jika ada waktu mungkin saya akan mem-post pelbagai fakta unik dan aneh lain-nya,
Tentunya di kupas ala mr,kimba dan di sajikan secara impresif dan cool,
Jika anda  belum faham silakan gulir lagi ke atas , sampe ke paragraph ini lagi wkwkw.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih , semoga  amal ibadah kalian di terima di sisi-nya amin.
Assallamuallaikum wr,wb

0 komentar

Post a Comment